GteknoSamsung disebut akan meluncurkan sebuah chip baru yang disebut sebagai “chip khusus Galaxy” pada peluncuran Galaxy S23 yang dijadwalkan terjadi pada 1 Februari.

Menurut Ice Universe, seorang yang memiliki informasi yang sering terbukti akurat, informasi tentang chip ini akan dijelaskan oleh TM Roh, President & Head of MX Business, Samsung Electronics pada acara peluncuran tersebut.

Chip ini disebut eksklusif dan khusus untuk perangkat Samsung, yang didesain dan diasumsikan diproduksi oleh Samsung Foundry.

Baca juga |  Trending Google Pencarian dengan GB WhatsApp 10.20 Download, Fitur Menyembunyikan Status Online Tersedia

Sebelumnya, pada April 2022, TM Roh telah menyatakan bahwa Samsung akan membuat chip yang hanya akan dipakai di ponsel Galaxy.

Kemudian, sebulan kemudian, Ice Universe menyebutkan bahwa Samsung merencanakan prosesor khusus yang akan dipakai di Galaxy S25 yang akan dirilis pada 2025.

Tradisi sebelumnya adalah seri Galaxy S hanya menggunakan chip Exynos sebagai otak ponsel flagship, kecuali untuk ponsel yang dirilis di Amerika Utara dan China.

Chip Penerus Exynos
Chip Penerus Exynos

Namun, kini tradisi tersebut diubah dan seri Galaxy S hanya menggunakan chip Qualcomm, dan untuk Galaxy S23, kemungkinan adalah Snapdragon 8 Gen 2 versi khusus yang diproduksi di Samsung Foundry.

Baca juga |  Samsung A73 5G: Harga Lebih Terjangkau dengan Cashback dan Fitur Kamera 108 MP serta Sertifikat Tahan Air

Ada juga informasi yang menyebutkan bahwa Samsung sedang menyiapkan penerus dari chip Exynos yang akan didesain oleh tim Mobile eXperience, divisi yang membawahi bisnis ponsel Samsung.

Tim ini akan dipimpin oleh Choi Won-Joon, Executive VP Samsung yang juga Head of MX Development, yang sebelumnya bekerja di Qualcomm dan dikenal sebagai ahli chip nirkabel.

Baca juga |  Yuk Lihat!! Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14 5G: Tinjauan Lengkap Spesifikasi dan Harga

Alasan utama mengapa Samsung membuat tim baru untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya sama dengan System LSI adalah karena Samsung tidak puas dengan performa Exynos saat ini.

Samsung berencana untuk menggantikan Exynos yang ada saat ini dengan SoC baru yang dibuat oleh tim tersebut.

Performa yang tidak memuaskan ini terutama terlihat dari sektor efisiensi, termasuk panas yang dihasilkan oleh chip Exynos, serta performa secara keseluruhan.

chip khusus Galaxy pada peluncuran Galaxy S23
chip khusus Galaxy pada peluncuran Galaxy S23