Goto – PT 3M Indonesia tidak meragukan adanya produk kaca film mobil 3M palsu yang beredar di pasaran.

Namun, perusahaan tersebut menyatakan bahwa konsumen tidak perlu khawatir karena produk asli dan palsu dapat dibedakan dari ciri-ciri fisik dan garansinya. Razi Raziansyah, Country Sales Leader, Commercial Solution Division, PT 3M Indonesia menjelaskan bahwa kaca film 3M yang asli akan dilengkapi dengan jaminan garansi e-warranty.

Fitur ini dikeluarkan oleh 3M Indonesia, sehingga konsumen dapat mengecek produk asli atau palsu dengan melihat jaminan garansi e-warranty tersebut.

Selain itu, perbedaan antara produk asli dan palsu juga dapat dilihat dari fisik produk tersebut, terutama dari logo watermark yang terdapat di sepanjang permukaan kaca film.

Produk asli memiliki logo watermark yang terdiri dari titik-titik yang membentuk huruf logo 3M, sementara produk palsu memiliki logo yang tebal dan tidak seperti watermark.

Selain cara-cara di atas, Razi juga menyarankan agar konsumen juga memperhatikan sertifikat keaslian yang diterima saat membeli produk kaca film mobil 3M.

Sertifikat ini dapat diperoleh dari authorized dealer resmi 3M Indonesia dan dapat digunakan untuk melaporkan produk palsu yang ditemukan di pasaran.

Baca juga |  Pilih Aksesoris Mobil, Fokus Pada Fungsionalitas, Bukan Penampilan Semata

Untuk menjaga keamanan dan kualitas produk, PT 3M Indonesia juga mengambil tindakan untuk mengatasi masalah produk palsu.

Perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak berwajib untuk mengambil tindakan hukum terhadap pelaku penjual produk palsu.

Selain itu, PT 3M Indonesia juga terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya serta meningkatkan kesadaran konsumen tentang ciri-ciri produk asli 3M.

Razi menegaskan bahwa PT 3M Indonesia selalu berupaya untuk memberikan produk yang berkualitas dan dapat diandalkan kepada konsumen.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar konsumen selalu membeli produk dari authorized dealer resmi 3M Indonesia untuk memastikan bahwa produk yang dibeli adalah asli dan berkualitas.

Kaca Film Mobil 3M Palsu dan Asli
Kaca Film Mobil 3M Palsu dan Asli

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kami, serta meningkatkan kesadaran konsumen tentang ciri-ciri produk asli 3M, sehingga konsumen dapat membeli produk yang berkualitas dengan aman dan nyaman,” Razi menyimpulkan

Dengan demikian, konsumen dapat membedakan produk asli dan palsu 3M dengan mengecek jaminan garansi e-warranty, logo watermark, serta sertifikat keaslian dan bisa selalu yakin bahwa produk yang dibeli adalah produk berkualitas asli dari PT 3M Indonesia.

Baca juga |  Cara Mudah Membeli Toyota Kijang Innova Zenix Tanpa Proses Inden Lama

Pengecualian untuk Kendaraan Mobil Baru

Razi menjelaskan bahwa watermark hanya berlaku untuk pembelian kaca film yang bersifat aftermarket, yaitu kaca film yang dibeli setelah mobil dibeli dari showroom.

Namun, beberapa merek mobil baru yang bekerja sama dengan 3M meminta agar kaca film yang disuplai tidak dilengkapi dengan watermark.

Hal ini dilakukan karena OEM (Original Equipment Manufacturer) tersebut ingin mobil yang keluar dari showroom tidak terlihat memakai kaca film dengan logo 3M.

Pemakaian kaca film mobil saat ini sangat dianjurkan
Pemakaian kaca film mobil saat ini sangat dianjurkan

Untuk meningkatkan pilihan produk bagi konsumen di Indonesia, 3M Indonesia baru-baru ini meluncurkan 3M Ceramic IM Series.

Produk ini diklaim mampu menahan sinar ultraviolet hingga 99,9 persen dan tidak mengganggu penangkapan sinyal telepon genggam.

Dengan adanya pilihan produk baru ini, diharapkan dapat memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen dalam memilih kaca film yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Selain 3M Ceramic IM Series, 3M Indonesia juga menawarkan berbagai jenis kaca film lainnya yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, seperti 3M Carbon Series yang diperuntukkan bagi konsumen yang menginginkan kaca film yang memberikan privasi, 3M Night Vision Series yang dapat meningkatkan visibilitas saat malam hari, dan 3M Prestige Series yang diklaim dapat mengurangi panas masuk ke dalam kabin mobil hingga 60%.

Baca juga |  Daftar Harga Lengkap Toyota Kijang Innova Reborn 2021

3M Indonesia juga memiliki layanan pemasangan kaca film yang diselenggarakan oleh tim teknisi yang berpengalaman dan terlatih dengan baik.

Layanan ini diharapkan dapat memastikan kualitas pemasangan kaca film yang sesuai dengan standar 3M dan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen.

Pemakaian kaca film mobil saat ini sangat dianjurkan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Kaca film dapat melindungi dari sinar ultraviolet yang berlebihan, mengurangi panas masuk ke dalam kabin mobil, serta memberikan privasi yang diinginkan.

Dengan berbagai pilihan produk yang ditawarkan oleh 3M Indonesia dan layanan pemasangan yang professional, diharapkan konsumen dapat menemukan kaca film yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.