Gtekno – WhatsApp adalah platform yang sangat populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Namun, platform ini juga menjadi sasaran empuk bagi para penjahat siber yang ingin menyadap atau membajak akun pengguna.

Penyadapan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan merebut one time password (OTP) yang dikirimkan WhatsApp ke SMS ketika ada pihak lain yang menggunakan akun Anda di smartphone lain.

Untuk mengetahui apakah akun Anda sedang disadap, ada beberapa ciri-ciri yang dapat Anda perhatikan.

Pertama, jika Anda melihat bahwa akun Anda telah digunakan di perangkat lain tanpa sepengetahuan Anda, ini merupakan tanda bahwa akun Anda sedang disadap.

Kedua, jika Anda menerima pesan atau panggilan yang tidak diinginkan dari orang yang tidak Anda kenal, ini juga merupakan tanda bahwa akun Anda sedang disadap.

Selain itu, jika Anda melihat bahwa akun Anda telah diganti dengan foto profil atau nama yang tidak Anda inginkan, ini juga merupakan tanda bahwa akun Anda sedang disadap.

Anda juga harus waspada jika ada aktivitas yang tidak biasa pada akun Anda seperti pengiriman pesan atau panggilan yang tidak diinginkan.

Baca juga |  Mengusung Tiga Kamera Belakang dengan Desain Baru, Apakah Huawei P60 Series akan Hadir di Pasaran?

Jika Anda menemukan salah satu dari tanda-tanda di atas, segera hubungi WhatsApp dan lakukan pemulihan akun secepatnya.

Selain itu, untuk mencegah penyadapan, pastikan untuk selalu menjaga nomor telepon dan kata sandi Anda rahasia, dan jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada siapapun yang tidak Anda kenal.

1. Kode OTP

Para pelaku penyadapan sering menggunakan metode mengirimkan One Time Password (OTP) melalui SMS sebagai salah satu cara untuk mengakses akun WhatsApp korban.

Jika Anda menerima pesan berisi kode enam digit tersebut, pastikan untuk tidak memberikannya kepada siapapun.

Ingatlah bahwa OTP hanya akan diberikan saat ada yang mencoba masuk ke akun WA Anda, jadi jangan terkecoh oleh pesan yang tidak jelas asal-usulnya.

Selalu waspada dan jaga keamanan akun Anda untuk menghindari penyadapan.

2. Force Close Aplikasi Whatsapp

Sebagai fitur tambahan, aplikasi WhatsApp juga memiliki kemampuan untuk keluar secara otomatis dari akun Anda.

Baca juga |  Cara Download WA GB Versi Terbaru Januari 2023

Namun, jangan khawatir jika Anda merasa akun Anda digunakan oleh perangkat lain.

Anda dapat dengan mudah mengetahui siapa yang mengakses akun Anda dengan cara menekan ikon tiga titik di bagian atas kanan aplikasi.

Kemudian pilih mode WhatsApp Web dan Anda akan dapat melihat perangkat mana yang digunakan untuk mengakses akun Anda.

3. Pesan Telah Terbaca

Salah satu tanda bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap adalah ketika ada pesan yang ditandai sebagai “terbaca” padahal Anda belum pernah membacanya.

Hal ini menunjukkan bahwa seseorang telah mengakses dan membaca pesan Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Jika Anda mencurigai akun Anda telah disadap, segera lakukan langkah-langkah untuk mengamankannya seperti mengubah sandi dan memverifikasi akun Anda.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Jika Anda menemukan bahwa pesan chat telah dikirim dari akun WhatsApp Anda tanpa Anda mengirimnya, ini bisa menjadi tanda bahwa akun Anda telah dibajak.

Sangat penting untuk segera meningkatkan kewaspadaan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi akun Anda dari penyalahgunaan.

Baca juga |  Samsung M51: Harga Murah dengan Spesifikasi Gahar - RAM 8GB dan Baterai 7000mAh untuk Gaming yang Lebih Gesit dan Menyenangkan!

Pastikan untuk mengubah password Anda secara berkala dan menghindari berbagi informasi pribadi dengan siapa pun yang tidak dikenal.

Jangan ragu untuk menghubungi pihak berwenang jika Anda merasa akun Anda telah dibajak.

Tips Mencegah WhatsApp dibajak

Tips Mencegah WhatsApp dibajak
Tips Mencegah WhatsApp dibajak

Agar akun WhatsApp Anda tidak dibajak, salah satu cara terbaik adalah dengan mengaktifkan fitur two-step verification.

Fitur ini akan membuat para pelaku kesulitan untuk mengakses akun Anda karena mereka tidak tahu PIN two-step verification yang Anda gunakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini:

  1. Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih pengaturan.
  3. Masuk ke pengaturan Akun.
  4. Pilih Two-step verification.
  5. WhatsApp akan meminta Anda untuk mengaktifkan fitur ini dengan menggunakan PIN. Klik Enable untuk mengaktifkannya.
  6. Buat PIN enam digit sesuai keinginan Anda.
  7. Kemudian masukkan alamat email yang terhubung dengan akun Anda. Ini berguna untuk jika Anda ingin mengganti PIN di masa depan.

Dengan mengaktifkan fitur two-step verification, Anda dapat merasa lebih aman dan tenang karena akun WhatsApp Anda lebih terlindungi dari para pelaku pencurian akun.