GotoToyota Innova Zenix Hybrid, Mengungkap Kerja Sistem Irit Bensin yang Luar Biasa, Toyota Innova Zenix kini hadir dengan opsi mesin hybrid, yang menggabungkan mesin bensin 2.0-liter dengan motor elektrik dan baterai.

Hal ini membuat konsumsi BBM Innova Hybrid menjadi lebih irit dibanding generasi sebelumnya yang menggunakan mesin diesel.

Selain itu, teknologi ini juga menghasilkan gas buang yang lebih sedikit.

Sistem kerja mesin hybrid ini memungkinkan mobil ini untuk menggunakan sumber tenaga yang lebih efisien saat melaju pada kecepatan rendah atau saat berhenti, sehingga mengurangi penggunaan BBM.

Pada saat yang sama, mobil ini juga mampu mengeluarkan daya puncak dan torsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin tunggal.

Baca juga |  Alphard Harga Duakali Lipat, Toyota GranAce Premium Banderol Segini, Bisa Beli 4 Unit Mobil MPV HiAce

Toyota Innova Zenix Hybrid: Kombinasi Mutlak dari Gaya dan Efisiensi

Toyota Innova Zenix Hybrid Kombinasi Mutlak dari Gaya dan Efisiensi
Toyota Innova Zenix Hybrid Kombinasi Mutlak dari Gaya dan Efisiensi

Innova Zenix hybrid memiliki spesifikasi teknis yang mengesankan.

Mesin bensin 4 silinder dengan kode M20A-FXS 1.987 cc yang digunakan mengadopsi teknologi terbaru, termasuk DOHC chain drive, Dual VVT-i, direct injection, dan D-4S system.

Daya puncak yang dihasilkan adalah 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm di rentang 4.400-5.200 rpm.

Selain mesin bensin, mobil ini juga dilengkapi dengan motor listrik yang mampu menghasilkan daya 113 PS dan 205 Nm.

Baterai jenis Ni-MH dengan kapasitas 1,31 kWh juga dibekali untuk mendukung kinerja hybrid.

Merevelasi mekanisme dalam Mesin Hibrid Toyota Kijang Innova Zenix

Merevelasi mekanisme dalam Mesin Hibrid Toyota Kijang Innova Zenix
Merevelasi mekanisme dalam Mesin Hibrid Toyota Kijang Innova Zenix

Innova Zenix, yang menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C, menawarkan teknologi hybrid yang dikembangkan oleh Hideki Mizuma, Chief Engineer dari Toyota Motor Corporation.

Baca juga |  All New Toyota Rush 2023: Tampil Perkasa dengan Mesin Buas 1.500cc dan Ekonomis dalam Penggunaan Bahan Bakar

Mizuma menjelaskan bahwa teknologi ini merombak secara keseluruhan struktur mobil dan mengurangi bobot sebesar 170 kg dibanding Innova sebelumnya.

Baterainya diletakkan di kolong jok pengemudi dan penumpang depan dan pada mode EV, energi listrik dari baterai ini disalurkan ke motor listrik melalui generator yang nantinya bisa menggerakkan roda depan.

Innova Hybrid juga memiliki sumber energi dari mesin M20A-FXS dengan siklus Atkinson, yang pada saat bekerja dapat menghasilkan untuk menggerakkan roda depan sekaligus mengisi daya baterai lewat generator.

Baca juga |  Biaya Servis Berkala Toyota Zenix Hybrid: Ini Estimasinya

Innova Hybrid dapat melaju hanya dalam mode Full EV dengan kecepatan dan jarak yang terbatas.

Pada saat baterai mulai kekurangan daya listrik, mesin bensin akan bekerja namun hanya untuk mengisi daya baterai lewat generator.

Saat pengemudi mengganti dengan mode Eco atau Normal, roda depan akan digerakkan bergantian antara dari baterai dan mesin bensin sesuai kebutuhan distribusi tenaga.

Namun, jika mode Sport diaktifkan, tenaga yang tersalur datang dari baterai listrik dan mesin pembakaran, dengan tenaga mesin bakar dibagi untuk dua kebutuhan, satu untuk roda dan satu lagi untuk menggerakkan generator untuk mengisi daya baterai.