Bendungan Batu Tegi, yang merupakan bendungan terbesar di Asia Tenggara, terletak di Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Dengan luas sekitar 3.560 hektar dan berada di antara dua bukit, bendungan ini telah dibangun sejak tahun 1994 dan selesai pada tahun 2002. Pada tanggal 08 Maret 2004, bendungan ini diresmikan oleh Presiden RI ke-5, Ibu Megawati Soekarnoputri.

Selain fungsi utama bendungan ini sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan saluran irigasi untuk beberapa daerah di Lampung, bendungan ini juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti tempat penampungan air saat musim kemarau, sumber air minum melalui PDAM, sumber listrik untuk PLN sebanyak 2×14 kw, dan pengendalian banjir dan perikanan.

Selain itu, bendungan ini juga merupakan destinasi wisata yang sangat direkomendasikan karena keindahannya yang menakjubkan dan kemegahannya.

Namun, terdapat juga kisah pilu yang terjadi di bendungan ini, yaitu selama masa pembangunan, terdapat 13 orang yang menjadi korban jiwa. Untuk mengenang para korban, dibuatlah sebuah monumen di sekitar bendungan.

Meskipun demikian, keindahan dan kemegahan bendungan Batu Tegi tetap menjadi daya tarik yang tidak bisa terbantahkan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Dengan panorama hamparan air yang indah dan dikelilingi oleh perbukitan hijau, Bendungan Batu Tegi merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

Tidak hanya itu, bendungan ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan, seperti tempat bersantai di tepian bendungan, jogging track, dan area BBQ.

Baca juga |  Air Terjun Bakoman, Keindahan Air Terjun di Tanggamus

Selain itu, Bendungan ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian, dengan pemandangan yang terbentang ke seluruh arah. Wisatawan yang berkunjung ke sana dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa dari atas bendungan.

Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan di Lampung. Selain menawarkan pemandangan yang indah, bendungan ini juga memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat setempat, seperti membantu mengendalikan banjir, menyediakan air minum, dan menyediakan listrik untuk PLN.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan yang indah dan merasakan suasana yang tenang, Bendungan Batu Tegi adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.

Bendungan Batu Tegi di Tanggamus
Bendungan Batu Tegi di Tanggamus

Tiket Masuk Bendungan Batu Tegi: Dapatkan Harga Terbaik untuk Mengunjungi Spot Wisata Ikonik Ini!

Berkunjung ke bendungan ini tidak akan merogoh kocek terlalu dalam, karena biaya tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang.

Selain itu, biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk mobil Rp 10.000. Tentunya, keamanan dan kenyamanan pengunjung juga merupakan prioritas utama.

Ada petugas yang bertugas menjaga keamanan di tempat ini, sehingga pengunjung dapat merasa aman dan nyaman selama berada di sini.

Namun, demi kenyamanan bersama, pengunjung juga harus mematuhi peraturan yang berlaku di tempat tersebut dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang.

Lokasi dan Rute Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu daya tarik wisata yang populer di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Dengan jarak yang cukup jauh dari Kota Bandar Lampung, sekitar 80 km atau 2 jam perjalanan, Bendungan ini terletak di kawasan pegunungan kaki gunung Tanggamus yang datarannya tinggi dan terhampar luas dengan perkebunan kopi rakyat.

Baca juga |  Kubu Genteng, Eksplorasi Keindahan dan Keseruan Wisata Pesawaran Dari Harga Tiket Masuk hingga Fasilitas

Untuk menempuh jarah yang begitu jauh dan lama selama 2 jam perjalanan, mungkin anda bingung dengan transportasi menuju lokasi wisata destinasi wisata bendungan terbesar ini. gatsu90rentcar memberikan pelayanan rental mobil lampung tanggamus kamu bisa mempercayakan layanan transportasi bersama kami

Di atas Bendungan Batu Tegi terdapat jalan beraspal yang lebar, sekitar 10 meter, dengan fasilitas seperti trotoar, pot bunga, lampu jalan, dan pagar pembatas. Bendungan ini juga menyatukan dua bukit yang tinggi, dengan air yang menggenang menggenaskan bukit-bukit kecil di sebelah hulu bendungan.

Dengan keindahan alam yang terpampang di sekitarnya, Bendungan Batu Tegi menjadi tempat yang pas untuk dijadikan tujuan wisata bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam di Kabupaten Tanggamus. Selain itu, dengan fasilitas yang memadai, Bendungan ini juga merupakan tempat yang nyaman untuk berwisata.

Menjelajahi Keindahan dan Fasilitas di Bendungan Batu Tegi

Menjelajahi Keindahan dan Fasilitas di Bendungan Batu Tegi
Menjelajahi Keindahan dan Fasilitas di Bendungan Batu Tegi

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam di sekitar Bendungan Batu Tegi, maka tidak perlu khawatir karena di lokasi tersebut sudah tersedia berbagai fasilitas yang dapat memudahkan Anda selama berada di sana.

Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah toilet, mushola, warung penjualan, tempat duduk, dan halaman parkir yang luas. Setelah Anda puas menikmati pemandangan indah dari kejauhan, Anda bisa mengelilingi Bendungan ini secara langsung dengan menggunakan dermaga yang tersedia di sana.

Baca juga |  Pantai Seminyak: Keindahan Pantai yang Mempesona di Bali

Dermaga tersebut menyewakan kapal-kapal kecil yang dapat digunakan sebagai alat transportasi penyeberangan dan juga untuk mengelilingi daerah genangan air Bendungan ini.

Selain Berwisata di bendungan, di sekitar lokasi tersebut juga terdapat objek wisata lain seperti Pulau Tanjung Harapan dan Air Terjun Batu Tambang. Anda bisa menggunakan jasa penyewaan kapal kecil untuk menuju lokasi wisata tersebut.

Jadi, jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang luar biasa di sekitar Bendungan Batu Tegi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut selama berada di sana.

Cara Menikmati Perjalanan Wisata di Bendungan Batu Tegi

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan saat berkunjung ke Bendungan Batu Tegi:

  1. Awasi anak-anak Anda dengan seksama, meskipun sudah ada pagar pembatas. Jangan sampai anak-anak Anda terlepas dari pengawasan dan mengakibatkan kecelakaan.
  2. Jaga kebersihan sekitar lokasi. Bawa sampah pribadi Anda dan buang di tempat sampah yang telah disediakan.
  3. Patuhi semua peraturan yang berlaku di Bendungan Batu Tegi. Ini akan membantu Anda dan orang lain merasa aman dan nyaman saat berkunjung.
  4. Baca dan pahami informasi yang tersedia di lokasi. Ini akan membantu Anda mengetahui apa saja yang diizinkan dan tidak diizinkan di Bendungan Batu Tegi, serta apa saja yang perlu Anda ketahui selama berkunjung.

Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, Anda dapat menikmati wisata di Bendungan Batu Tegi dengan lebih aman dan nyaman. Selamat berkunjung!