Gatsu90rentcar.com, Otomotif – Dua mobil terbaru Daihatsu dan Toyota, Rocky dan Raize, telah mendapatkan respons positif dari masyarakat sejak diluncurkan pada bulan April 2021.

Kedua mobil ini adalah hasil kolaborasi ke-5 antara Daihatsu dan Toyota di Indonesia dan menawarkan berbagai fitur menarik, terutama dalam desain dan harga.

Salah satu hal yang menarik dari kedua mobil tersebut adalah desainnya yang futuristik.

Desain ini menarik perhatian banyak orang karena tampilannya yang unik dan modern.

Selain itu, harga Rocky dan Raize juga lebih terjangkau karena keduanya menggunakan casis yang sama.

Dengan menggunakan casis yang sama, biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih efisien.

Meskipun keduanya menggunakan casis yang sama, Rocky dan Raize tidaklah identik.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang membedakan satu sama lain.

Begitu pula dengan fitur-fitur berkendara yang disematkan pada keduanya, tidak semua sama.

Harga keduanya pun tidak sama, tergantung pada fitur dan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen.

Secara keseluruhan, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize telah menjadi produk yang sukses dan populer di Indonesia.

Dengan desain yang menarik dan harga yang terjangkau, keduanya menawarkan pilihan yang baik untuk konsumen yang ingin membeli mobil baru.

Dengan keunggulan masing-masing, konsumen dapat memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Perbedaan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang Jarang Diketahui Publik
Perbedaan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang Jarang Diketahui Publik

Supaya enggak penasaran, berikut beberapa perbedaan antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. 

1. Eksterior

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize merupakan dua mobil SUV mungil yang dirilis oleh dua perusahaan otomotif ternama di Jepang.

Kedua mobil ini memiliki dimensi yang sama, yaitu panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm dengan ground clearance setinggi 200 mm.

Keduanya juga dibangun dari platform body Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sehingga memiliki kesamaan dalam hal kemampuan dan performa.

Meskipun memiliki kesamaan tersebut, terdapat beberapa perbedaan antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Daihatsu Rocky lebih cocok disebut sebagai SUV mungil yang tangguh, hal ini terlihat dari desain grill trapezoid yang melebar ke atas dan cover fog lamp yang lebar di bagian depan.

Sedangkan Toyota Raize lebih cocok disebut sebagai SUV mungil yang gahar, hal ini terlihat dari desain grill depan yang berbentuk trapezoid ke bawah dengan cover fog lamp berbentuk “F” yang menampilkan kesan tangguh.

Selain itu, terdapat perbedaan pada bentuk velg yang digunakan.

Daihatsu Rocky menggunakan velg alloy dengan bentuk kipas trapezoid two tone berwarna metal, sedangkan Toyota Raize memilih bentuk kincir dan bilah pisau yang berwarna gelap elegan.

Pilihan warna juga menjadi pembeda antara keduanya, di mana Toyota Raize lebih variatif dengan 11 pilihan warna dibandingkan Daihatsu Rocky yang hanya menyediakan 8 variasi.

Selain itu, varian 2-tone dari Toyota Raize juga lebih banyak, yaitu 5 jenis, sedangkan Daihatsu Rocky hanya tersedia dalam pilihan warna merah-hitam dan putih-hitam.

Meskipun nyaris tidak ada perbedaan signifikan dari desain eksterior kedua SUV kompak ini pada fasad samping dan belakang, namun pembeda-pembeda yang ada tentunya memberikan kesan yang berbeda pula pada masing-masing mobil.

Oleh karena itu, konsumen dapat memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka.

2. Interior

Toyota Raize dan Toyota Rocky adalah dua mobil yang serupa dalam banyak hal, termasuk dimensi interior yang sama dan kapasitas bagasi yang besar.

Keduanya juga menggunakan platform body yang sama, sehingga terdapat banyak kesamaan dalam desain interior mereka.

Bagian dasbor dari kedua mobil terlihat serupa, termasuk panel dan layar head unit yang memiliki ukuran 9 inci dan posisi yang sama persis.

Namun, ada sedikit perbedaan dalam desain kemudi. Toyota Raize memiliki balutan material kain pada kemudinya yang membuatnya terlihat lebih mewah daripada Toyota Rocky yang polos.

Meskipun keduanya menggunakan leather dan material kain yang sama, ada perbedaan dalam desain jok depan.

Toyota Rocky memiliki aksen garis warna merah memanjang di samping kursi yang membuatnya terlihat lebih menarik.

Sementara Toyota Raize mempertahankan warna hitam klasik untuk jok depannya.

Salah satu perbedaan paling mencolok antara kedua mobil adalah bahwa Toyota Rocky dilengkapi dengan speaker subwoofer aktif 8 inci yang tidak dimiliki oleh Toyota Raize.

Hal ini memberikan nilai tambah bagi penggemar musik yang ingin menikmati kualitas suara yang lebih baik dalam mobil.

Secara keseluruhan, meskipun ada sedikit perbedaan dalam desain interior antara kedua mobil, keduanya tetap menawarkan kenyamanan dan fungsionalitas yang sama.

Pilihan antara kedua mobil akan tergantung pada preferensi pribadi dan fitur-fitur yang diinginkan oleh pemilik mobil.

3. Fitur Kenyamanan

Dalam kategori kendaraan SUV dengan harga Rp 200 jutaan, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menawarkan fitur dasar yang memuaskan.

Di bagian luar, keduanya sudah dilengkapi dengan spion dengan fitur auto retractable mirror dan cover shark fin antena yang menarik.

Kenyamanan di kabin juga ditingkatkan dengan adanya automatic air conditioner (AC), instant start-stop button, dan power mode switch yang membuat pengemudi lebih nyaman.

Kedua mobil juga sama-sama telah dilengkapi dengan tilt steering yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan posisi.

Untuk penumpang, kenyamanan semakin sempurna dengan adanya layar head unit 9 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone.

Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk memilih hiburan yang ingin dinikmati selama perjalanan.

Meskipun keduanya menawarkan fitur dasar yang sama, Daihatsu Rocky menambahkan subwoofer untuk meningkatkan kenyamanan di kabin.

Sementara itu, Toyota Raize lebih memilih menyematkan convenience paddle shift di balik kemudi, sehingga pengemudi dapat mengubah transmisi dan mengatur fitur lain tanpa melepas tangan dari kemudi.

Secara keseluruhan, baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize menawarkan fitur dasar yang memadai untuk kendaraan SUV dengan harga Rp 200 jutaan.

Namun, pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi masing-masing konsumen.

Apakah ingin lebih fokus pada kenyamanan di kabin atau kemudahan mengemudi.

4. Fitur Keamanan

Dalam hal keamanan, baik Daihatsu Rocky dengan fitur Advance Safety Assist (ASA) maupun Toyota Raize dengan fitur Toyota Safety Sense, keduanya memberikan perlindungan tambahan kepada pengemudi dan penumpangnya.

Keduanya sudah dilengkapi dengan fitur keamanan standar seperti Anti-Lock Braking System, Hill Assist, dan Vehicle Stability Control.

Namun, terdapat juga fitur keamanan terbaru seperti pre-collision, lane departure, hingga pedal mis-operation yang membuat keduanya semakin aman digunakan.

Terdapat sedikit perbedaan pada fitur keamanan tambahan antara kedua mobil ini.

Toyota Raize unggul dengan telah dilengkapi enam airbag, sementara Daihatsu Rocky hanya dilengkapi dual airbag.

Keberadaan enam airbag pada Toyota Raize memberikan perlindungan tambahan bagi pengemudi dan penumpang saat terjadi tabrakan.

Selain itu, fitur Toyota Safety Sense juga memiliki dua fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Daihatsu Rocky.

Fitur pertama adalah Rear Cross Traffic Alert yang membantu mengontrol radar untuk mendeteksi kendaraan yang mendekat dan mencegah terjadinya blind monitor.

Fitur kedua adalah Adaptive Cruise Control yang membantu mobil menyesuaikan jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain yang berada di depan.

Dengan adanya fitur-fitur keamanan tambahan ini, pengemudi dan penumpang mobil Toyota Raize dapat merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Namun, Daihatsu Rocky juga tetap memberikan perlindungan yang baik untuk keamanan pengemudi dan penumpangnya.

5. Performa

Daihatsu Rocky, sebuah mobil SUV yang diproduksi oleh Daihatsu, memiliki dua pilihan mesin yaitu 1.000 cc dengan turbocharger dan 1.200 cc.

Namun, untuk pasar di Indonesia, Daihatsu hanya merilis varian dengan mesin 1.000 cc.

Mesin 1.000 cc tersebut memiliki kemampuan menghasilkan tenaga hingga 97,8 ps atau sekitar 96,4tk pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimum sebesar 15,2 kg-m pada putaran 2.400-4.000 rpm.

Mesin ini sudah dilengkapi dengan transmisi terbaru Daihatsu, yaitu Dual Mode CVT, yang membuat pengalaman berkendara menjadi nyaman, bertenaga, dan tetap hemat bahan bakar.

Tidak hanya Daihatsu Rocky, Toyota Raize juga dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 98 ps atau setara dengan 96 tk pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimum sebesar 14,3 kg-m pada putaran 2.400-4.000 rpm.

Meskipun keduanya memiliki mesin dengan kapasitas yang sama, terdapat perbedaan pada tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin tersebut.

Namun, keduanya sudah dilengkapi dengan teknologi Dual Mode CVT yang dapat meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Dengan kemampuan mesin dan fitur yang dimiliki, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang menginginkan mobil SUV dengan mesin berkapasitas 1.000 cc.

Namun, tentu saja, keputusan akhir dalam memilih mobil tetaplah tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing konsumen.

6. Perbedaan Harga

Daihatsu Rocky diketahui memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil sekelasnya, termasuk Toyota Raize.

Dengan kisaran harga antara Rp 214-240 jutaan, Daihatsu Rocky bisa menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang mencari mobil dengan fitur dan performa yang setara dengan Toyota Raize namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun Daihatsu Rocky memiliki harga yang lebih murah, mobil ini tetap menawarkan fitur-fitur yang tidak kalah canggih dengan Toyota Raize.

Daihatsu Rocky hadir dengan mesin 1.2 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 hp dan torsi 120 Nm, serta dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan atau transmisi otomatis CVT.

Selain itu, Daihatsu Rocky juga memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap, seperti sistem pengereman ABS, EBD, dan BA, serta dilengkapi dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.

Bagi konsumen yang mencari mobil dengan performa dan fitur keselamatan yang lebih baik, Daihatsu Rocky juga tersedia dalam varian spesifikasi lebih tinggi dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Dengan demikian, Daihatsu Rocky dapat menjadi alternatif yang menarik bagi konsumen yang mencari mobil sekelas Toyota Raize namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan fitur-fitur yang tidak kalah canggih, Daihatsu Rocky dapat menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin memiliki mobil dengan performa dan fitur keselamatan yang baik tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.