GotoKonsumsi BBM pada Toyota Innova Zenix Hybrid dan Versi Bensin, Pada akhir tahun lalu, Toyota Indonesia meluncurkan generasi terbaru dari Kijang Innova.

Kendaraan yang masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle ini tampil berbeda, dan mengusung teknologi canggih.

Diberi nama Toyota Innova Zenix, pabrikan otomotif asal Jepang itu menawarkan mobil ini dalam dua tipe mesin, standar dan hybrid yang dibekali dengan tambahan motor listrik.

Fungsinya yakni untuk membantu kinerja jantung pacu, sehingga pemakaian bensin lebih irit.

Meski sama-sama menggunakan Continuously Variable Transmission atau CVT, namun sistem yang dipasang di versi Innova Zenix Hybrid berbeda dengan tipe mesin bensin.

Namun, bagaimana dengan konsumsi bensin? Saat sesi uji berkendara yang diadakan oleh PT Toyota-Astra Motor beberapa waktu lalu, pertanyaan itu akhirnya terjawab.

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid Q yang digunakan VIVA merupakan varian tertinggi, yang ditawarkan dengan harga Rp601 jutaan on the road DKI Jakarta.

Baca juga |  Toyota Innova Zenix Hybrid, Mengungkap Kerja Sistem Irit Bensin yang Luar Biasa

Pada kesempatan tersebut, VIVA juga mencoba varian bensin yakni tipe V.

Perjalanan dilakukan dengan menempuh rute Jakarta menuju Semarang dan Yogyakarta, melewati ruas Tol Trans Jawa.

Kondisi lalu lintas ramai lancar, dan saat menuju DIY melewati jalur biasa.

Sama seperti varian bensin, Innova Zenix Hybrid dibekali mesin M20A-FXS berkapasitas 2.000cc.

Namun, yang menarik adalah konsumsi BBM dua varian mesin itu tidak jauh berbeda. Untuk varian Innova Zenix Hybrid Q, setiap liternya bisa digunakan untuk menempuh jarak 14,3 kilometer.

Sementara varian bensin, angkanya 14,4 km per liter.

Hasil itu didapatkan dari kondisi jalan yang ramai cenderung lancar, apabila sering terjebak di kemacetan maka varian mesin hybrid bisa lebih irit lagi karena hanya memanfaatkan motor listrik untuk membuat roda berputar.

Baca juga |  Cara Mudah Membeli Toyota Kijang Innova Zenix Tanpa Proses Inden Lama
Toyota Innova Zenix
Toyota Innova Zenix

Berikut daftar harga Toyota Innova Zenix, dengan status OTR DKI Jakarta per Januari 2023:

Type ModelHarga
Innova Zenix 2.0 G CVTRp 419.000.000
Innova Zenix 2.0 G CVT (Premium Color)Rp 422.000.000
Innova Zenix 2.0 V CVTRp 467.000.000
Innova Zenix 2.0 V CVT (Premium Color)Rp 470.000.000
Innova Zenix 2.0 G HV CVTRp 458.000.000
Innova Zenix 2.0 G HV CVT (Premium Color)Rp 461.000.000
Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVTRp 532.000.000
Innova Zenix 2.0 V HV Non Modelista CVTRp 522.150.000
Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT (Premium Color)Rp 535.000.000
Innova Zenix 2.0 V HV Non Modelista CVT (Premium Color)Rp 525.150.000
Innova Zenix 2.0 Q HV Modelista CVT TSSRp 611.000.000
Innova Zenix 2.0 Q HV Non Modelista CVT TSSRp 601.150.000
Innova Zenix 2.0 Q HV Modelista CVT TSS (Premium Color)Rp 614.000.000
Innova Zenix 2.0 Q HV Non Modelista CVT TSS (Premium Color)Rp 604.150.000
Daftar harga Toyota Innova Zenix 2023

Selain konsumsi bensin yang hampir sama dengan tipe mesin bensin, Toyota Innova Zenix Hybrid juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti kamera mundur, navigasi, audio sistem, Advanced Safety Features dan lain-lain.

Baca juga |  All New Toyota Rush 2023: Tampil Perkasa dengan Mesin Buas 1.500cc dan Ekonomis dalam Penggunaan Bahan Bakar

Dengan teknologi hybrid yang ditawarkan, Toyota Innova Zenix Hybrid dapat menjadi pilihan yang baik bagi konsumen yang ingin mengutamakan efisiensi bahan bakar serta fitur-fitur canggih.

Selain itu, Toyota Innova Zenix Hybrid juga dilengkapi dengan sistem start-stop yang dapat menghemat bahan bakar saat kondisi lalu lintas yang macet atau saat kendaraan berhenti.

Sistem ini dapat menonaktifkan mesin saat kendaraan berhenti, sehingga tidak ada pemakaian bensin yang tidak diperlukan.

Selain itu, sistem regenerative braking juga diterapkan pada mobil ini.

Sistem ini dapat mengubah energi yang dihasilkan saat kendaraan melakukan pengereman menjadi energi yang dapat digunakan untuk mengisi baterai.

Tidak hanya itu, Toyota Innova Zenix Hybrid juga dilengkapi dengan sistem Eco Score yang dapat memberikan umpan balik kepada pengemudi tentang cara berkendara yang efisien.

Sistem ini dapat memberikan skor yang didasarkan pada cara berkendara yang efisien dan dapat memberikan saran tentang cara berkendara yang lebih baik.

Toyota Innova Zenix Hybrid
Toyota Innova Zenix Hybrid

Secara keseluruhan, Toyota Innova Zenix Hybrid menawarkan sebuah paket yang menarik bagi konsumen yang ingin mengutamakan efisiensi bahan bakar dan teknologi canggih.

Dengan sistem hybrid yang ditawarkan, konsumsi bensin yang efisien dan fitur-fitur canggih yang diterapkan, Toyota Innova Zenix Hybrid dapat menjadi pilihan yang baik bagi konsumen yang ingin mengutamakan kendaraan yang ramah lingkungan dan menawarkan kenyamanan dan keamanan yang baik.